Kamis, 11 Juli 2019

Buku Guru MI Kelas 1 Akidah Akhlaq Kurikulum 2013

Berikut ini kami bagikan Buku Teks Pelajaran Pegangan Guru MI Kelas 1 Akidah Akhlak dengan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Revisi dalam format PDF yang bisa di Download secara Gratis supaya membantu dalam proses KBM di dalam kelas.

Buku Guru MI Kelas 1 Akidah Akhlaq Kurikulum 2013

Buku Guru MI Kelas 1 Akidah Akhlak K13  ini dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kompetensi Inti dan Komptensi Dasar Kurikulum 2013. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Agama Republik Indonesia, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Keberadaan Buku Ajar dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, karena dengan Buku Ajar, siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan buku akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan.

Untuk mengoptimalkan penggunaan Buku Guru MI Kelas 1 Akidah Akhlak Kurikulum 2013 ini, pahamilah tahapan berikut ini :

Pertama, bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan.
  1. Memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar Akidah Akhlak dalam kerangka Kurikulum 2013.
  2. Setiap bab berisi: Kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pelajaran, proses pelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru dan orang tua.
  3. Pada sub bab tertentu penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal itu disesuaikan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar.
  4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memerhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku ajar siswa sebagai berikut :
    • Ayo amati : kegiatan mengamati gambar, benda, nyanyian, kisah, permainan, film atau lingkungan sekitar yang mengantarkan kepada materi yang akan diajarkan.
    • Aku bertanya : kegiatan menanya yang dilakukan oleh peserta didik sebagai respon setelah kegiatan mengamati.
    • Aku bisa : aktifitas yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk menguasai materi pelajaran.
    • Ayo berlatih : kegiatan yang dilakukan untuk mengukur atau menilai penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
    • Tugasku : kegiatan yang berisi tugas kepada peserta didik yang dilakukan di rumah untuk menyelesaikan tugas tertentu baik individu maupun kelompok dalam rangka memperdalam penguasan materi pelajaran dan implementasi dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Rubrik nyanyian, cerita, gambar/alat peraga dan tepuk tangan Islami: untuk penguatan pelajaran yang menyenangkan sesuai perkembangan peserta didik.
Itulah kiranya sedikit penjelasan mengenai Buku yang akan dibagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat terutama dalam hal membantu kegiatan KBM, menjadi buku sumber yang dimasukan kedalam RPP Akidah Akhlak Kelas 1 K13 Revisi.


Silahkan Bagi Rekan Guru yang membutuhkan file yang dibagikan Buku Teks Pelajaran bisa didapatkan melalui link dibawah ini :

Download Buku Guru MI Kelas 1 Akidah Akhlaq Kurikulum 2013

Baca Juga

0 komentar

Posting Komentar