Rabu, 10 Juli 2019

Buku Guru MI Kelas 1 FIKIH Kurikulum 2013

Berikut ini kami bagikan Buku Teks Pelajaran Pegangan Guru MI Kelas 1 Fikih dengan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 dalam format PDF yang bisa di Download secara Gratis supaya membantu dalam proses KBM di dalam kelas.

Buku Guru MI Kelas 1 FIKIH Kurikulum 2013

Buku Guru fikih MI Kelas 1 K13 ini dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kompetensi Inti dan Komptensi Dasar Kurikulum 2013. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Agama Republik Indonesia, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Keberadaan Buku Ajar dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, karena dengan Buku Ajar, siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan buku akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan.

Untuk mengoptimalkan penggunaan Buku Guru fikih MI Kelas 1 Kurikulum 2013 ini, pahamilah terlebih dahulu petunjuk berikut ini:
  1. Pertama, bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh mata pelajaran Fikih, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka kurikulum PAI dan Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah tahun 2013.
  2. Setiap sub pelajaran berisi : kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian KD, tujuan pembelajaran, materi pokok, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru dan orang tua.
  3. Pada sub pelajaran tertentu penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal ini disebabkan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar.
  4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan kolom- kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran pada sub pelajaran sebagai berikut:
    • Insya Allah aku bisa : tantangan agar peserta didik bisa melakukannya
    • Hati-hati : pernyataan perhatian pada peserta didik untuk selalu melakukan atau menghindari
    • Ayo Menjawab : kegiatan yang harus peserta didik kerjakan untuk memahami materi.
    • Tugasku : kegiatan yang harus peserta didik kerjakan di rumah untuk interaksi antara guru dengan orang tua.
  5. Pada setiap pelajaran di buku teks pelajaran peserta didik di dorong untuk memperhatikan kolom-kolom sebagai berikut:
    • Rangkuman : ringkasan materi untuk memudahkan pemahaman peserta didik dalam pelajaran.
    • Hikmah : ajakan kepada peserta didik untuk merenungkannya
    • Ayo Berlatih dan Tentukan Sikapmu : menguatkan peserta didik agar dapat mewujudkan pengetahuan dan perilaku
Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan di masing-masing madrasah.

Itulah kiranya sedikit penjelasan mengenai Buku yang akan dibagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat terutama dalam hal membantu kegiatan KBM, menjadi buku sumber yang dimasukan kedalam RPP Fikih Kelas 1 K13 Revisi.


Silahkan Bagi Rekan Guru yang membutuhkan file yang dibagikan Buku Teks Pelajaran bisa didapatkan melalui link dibawah ini :

Download Buku Guru MI Kelas 1 FIKIH Kurikulum 2013

Baca Juga

0 komentar

Posting Komentar